haruskah lintas jurusan? #1 | Udah, baca aja
Minggu, 07 Agustus 2016

haruskah lintas jurusan? #1

long time no post sepertinya sudah biasa di blog ini yah, apa daya gua cuma mempunyai mood ngeblog mungkin cuma sekali dalam sekian bulan. itu mungkin sudah suratan takdir. jadi yaudah. lagian kalo gua isi pun who will give a damn about every single post disini.

tapi sayangnya blog masih menjadi tempat terbaik gua buat mencurahkan unek unek gua tentang kehidupan.

contonya yang satu ini
meme tersebut cukup menjelaskan segalanya-_keputusan gua untuk mengambil IPA saat peminatan masuk SMA sebenarnya gak berdasarkan hati dan pikiran gua yang sadar, saat itu ada orangtua gua disitu. 

pas di formnya suruh centang salah satu mau masuk MIPA atau IPS, gua nanya bonyok,

gua : "mi, ini aku isinya jurusan apa?"
(dalam hati : gua masih mau jadi diplomat)

nyokap : "terserah kamu lah itu mah.."

*gua diem doang, udah hampir banget ngechecklist ips*

bokap : "kalo di ipa kamu bisa kuliah kemana aja nanti,"

(gua inget hal inilah yang membutakan gua)

gua : "oh gitu, ya, gimana mi?"

nyokap : "yaaa ipa aja lah.."

oke, disitu gua gatau setan apa yang merasuki gua sehingga tangan ini menggerakkan pulpen baut menchecklist ipa tanpa ba-bi-bu mengconfront ortu gua. apa yang membuat kata kata orangtua segitu powerfulnya bahkan gua saat itu gak mampu membuka mulut buat berargumen.
gua beneran ga ngerti kenapa saat itu gua nurut nurut aja padahal gua yakin kok kalo gua bilang ke ortu gua leih prefer ips, mereka bakalan oke oke aja.

jadi keputusan gua yang satu itu.. gua rasa merupakan pure ketololan gua sendiri, ketololan yang mengantarkan gua pada kehidupan yang serbaaneh ini.

gua cuma minta Allah ngasih yang terbaik.

dan gua, setelah kejadian ngisi form itu masih berharap hasil tes diagnostik dan minat bakat atau apalah itu akan mengantarkan gua menjadi anak ips. yah, seenggaknya kalo kaya gitu caranya berarti gua masuk ips karena gue emang supposed to, bukan karena hal hal lain.


waktu pun berlalu. dan gua mendapati gua lagi pegang amplop yang ngasitau peminatan gua.

and GUESS WHAT

gua dapet peminatan MIPA.

saat itu, di gedung serbaguna, orang orang yang dapet MIPA teriak kegirangan (dari situ gua menyimpulkan rata rata anak angkatan gua pada pilih MIPA) dan banyak tuh ternyata yang nangis karena dapet peminatan IPS.

ANEH GA SIH?
SAAT GUA BERHARAP ADA DI POSISI LO, MEGANG KERTAS DENGAN TULISAN JURUSAN IPS, LO MALAH NANGIS NANGIS DIDEPAN ORTU LO?

OKEY KITA BEDA.
gua menyadari sekolah gua ini murid muridnya cerdas (tampangnya aja intelek, pikir gua waktu itu), dan gua yakin hampir seratus persen gaada yang kepikiran masuk IPS. mungkin mereka calon calon dokter dan engineer. ya, gitu deh.

saat itu kedua ortu gua terlihat senang, dan ibu gua berkata semoga itu yang terbaik (gua ngaminin dengan ikhlas karna di hati gua semua ini masih mengganjal) tapi disisi lain gua juga ngerasa ga yakin gua bakal betah jadi anak ipa.

yah, dan begitulah kehidupan yang absurd ini berjalan.

singkat cerita, mulailah gua menjadi anak ipa.
satu hal yang masih mengganggu pikiran gua : kalo gua di ipa, berarti gua ga bisa jadi diplomat, dong?

(FYI biar ga bingung, jadi diplomat adalah cita cita gua satu satunya sejak gua bocah)

tapi saat itu gua masih mencoba fit in dengan sekolahan ini dulu, karena jujur aja dormitory life membuat gua sedikit tertekan. bukan karena gua gatahan kangen rumah, simply because everything's boring. and sometimes I think an extreme boredom can kill myself slowly.

dalam hal pertemanan sama sekali ga pernah jadi masalah buat gue. dimana mana, gua gampang buat mengenal orang dan gua cukup bisa berinteraksi dengan baik dengan orang baru. jadi, semua cuma tinggal mengikhlaskan kehidupan membosankan yang akan gua lalui 3 tahun ke depan plus berada di jurusan ipa yang hampir gak gua suka samasekali. oh God.

seiring waktu gua udah mulai mengenal sekolahan gua dengan baik. guru guru yang ahli dibidangnya, saking ahlinya ampe bikin soal yang tingkat kesulitannya sukses membuat gua mual bahkan ketika gua baru memegang lembaran soal dan membacanya selewat. soal nilai ga usah ditanya, gua udah membiasakan diri gua dengan nilai nilai sekarat, paling bagus dapet nilai pas KKM aja gua udah bersyukur, apalagi kalo pelajarannya matematika (entah kenapa gua ngerasa soal matematika disini selalu yang paling sulit, padahal pas SMP gua aja ga pernah belajar sebelum ulangan mateka. roda kehidupan terus berputar, bung!)

selain itu gua mulai bisa mencari kerjaan kalo gua bosen. karna laptop gak bisa gua pegang sepanjang malam, gua mendevotekan waktu gua buat ke CSA (tempat maen laptop) setidaknya pas sore hari untuk memuaskan hasrat kemanusiaan gua (mendapat hiburan yang layak). gua peduli dengan nilai nilai akademik gua, misalnya saat gua harus remedial ya gua jalanin meski harus malem malem ke rumah guru dengan kondisi mengenaskan karna capek dan ngantuk.

btw, gua bisa melalui kelas satu semster satu gua dengan nangkring di peringkat 23 dari 83-an anak IPA di angkatan.

ya udah.
segitu pun gua harus semester pendek dulu buat matematika supaya nilai gua KKM.

iya, memang sebegitu tragisnya kehidupan gua di kelas satu SMA.
dan tragisnya lagi, saat itu gua bahkan memilih gak masuk OSIS, (dengan alasan suatu peristiwa yang mungkin tidak akan pernah gua ceritakan pada seorangpun) padahal pas SMP saking aktifnya gua di organisasi dan ekskul sampe ayah gua pernah bilang "mendingan kamu gak usah sekolah sekalian".

setelah itu gua menapaki semester dua dengan semangat menggebu pengen naikin nilai.

semester 2 ini kayanya gua sudah ikhlas jadi anak ipa, terbukti peringkat gua yang meroket (asoy) ke posisi 13. canggih banget, tapi yaa menurut guru gua itu gak spesial karena semua orang juga nilainya naik di semester 2 kelas 10.

yokay. sepertinya gua akan selalu menjadi butiran jasjus di tempat ini.

setelah capaian gua yang lumayan (menurut diri gua sendiri) itu, di kelas 11 gua mulai memaksakan diri gua buat menyukai pelajaran ipa, hasilnya? boleh juga, di awal awal semester gua udah jarang ngikut remedial (oke ini BULLSHIT, karena jarang versi gua ini sebenarnya ya beberapa kali, mungkin kalau gua inget dan gua sebutin jumlah lo akan bilang itu sering)

dan gua mulai menyusun kembali masa depan gua yang sudah hancur diterjang keputusan penjurusan itu.

(FYI lagi : pas SMP gua pernah merencanakan masa depan gua yang endingnya gua jadi diplomat. manis banget emang, tapi sekarang gua lebih realistis : tau diri)

gua mulai berkhayal kuliah di ITB, dimana sebagian besar jurusannya saja memakai kata "Teknik" didepannya. gila, gua anak ipa meeeeen. *plak

gua mulai mencari tau kira kira kalo gua kuliah teknik gimana yak?

gua inget waktu itu bokap sempet memperkenalkan teknik kimia, yang menurut beliau pasti dibutuhin banget di industri. bokap juga sempet ngasih info tentang teknik industri, kata bokap disitu masih ada ips ips nya dikit (mungkin bokap baca pikiran gua) tapi sayangnya FTI ITB biasanya diincar anak anak terpinter di sekolahan, let's say it : kesulitan masuknya nomor wahid di ITB.

*gua nelen ludah*

ada juga mamanya sahabat gue, yang memperkenalkan gua dengan teknik lingkungan, katanya juga banyak dibutuhin industri.

mulailah kepala gua dijejali jurusan jurusan berbau teknik, mungkin karena banyak alumni sekolahan gua yang masuk ITB juga kali. 

intinya di kelas 11 gua belajar makin nyantai, waktu ngaso gua makin sedikit tapi kadang gua mengkorupsi waktu belajar dengan tidur atau main laptop. waktu itu juga ada SONLIS dan sebagai sekre, beberapa sore dan malam gua dihabiskan untuk bercinta dengan microsoft word dan printer. kadang malah ga inget tugas dan ulangan yang menunggu di hari berikutnya. 

percayalah kelas 11 itu seru, meskipun nilai nilai gua turun lagi (iya, cukup terjun) tapi gua don't give a shit about them. bodo amat. hidup gua harus hepi, gimanapun caranya. dan itu harus gua yang ngusahain.

gua pengen lanjutin sampe abis isi pala gua nih tapi kayanya udh waktu istirahat, I'll be right back di postingan kedua.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Lanjutin le..

Farisiw1 mengatakan...

Sudah gak nulis lgi?

Posting Komentar

 
;