Nama Tokoh Indonesia yang Dijadikan Nama Jalan di Negara Lain | Udah, baca aja
Jumat, 21 Agustus 2015

Nama Tokoh Indonesia yang Dijadikan Nama Jalan di Negara Lain

Bismillahirrahmanirrahiim.

HAI! Masih edisi 17 Agustusan ini, rasanya pas banget ya ngomongin pahlawan?
Sering dong, liat nama-nama pahlawan di Indonesia yang dijadiin nama jalan??
Tentunya hal demikian  sangatlah lumrah, sebagai bentuk penghargaan terhadap para pahlawan kita.

Tapi jangan salah, beberapa tokoh Indonesia juga ada loh yang namanya diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri.

Mau tau? Let's cekidot!


RUE SOEKARNO – RABAT, MAROKO
jalan Rue Soukarno
Rue Soekarno telah resmi dikenalkan sebagai nama pada jalan di ibu kota Maroko, Rabat mulai tanggal tanggal 2 Mei 1960. Jalan ini diresmikan oleh presiden Soekarno sendiri, lho. Jalan yang awalnya bernama Sharia Al-Rais Ahmed Soekarno ini kini lebih familiar dengan nama Rue Soekarno. Penamaan itu adalah salah satu bentuk penghargaan yang diberikan Raja Muhammad V atas jasa Ir. Soekarno pada Maroko.

MOHAMMED HATTA STRAAT – HARLEEM, BELANDA

Jalan Mohammad Hatta Di Belanda

Di Harleem, Belanda, terdapat sebuah papan nama jalan yang bertuliskan Mohammed Hatta Straat. Wakil presiden Indonesia pertama ini memang tercatat pernah menimba ilmu di negeri kincir angin. Sebagai tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia yang pernah belajar di Belanda, maka pemerintah Belanda melalui walikota RH Claudius mengabadikan namanya sebagai nama jalan di Harleem Belanda.

R A KARTINISTRAAT – AMSTERDAM, BELANDA

Jalan R. A. Kartini Di Belanda
Di kawasan Amsterdam Zuidoost atau yang dikenal dengan sebutan Bijlmer, kita bisa melihat papan nama jalan bertuliskan Raden Ajeng Kartini Straat. Selain di tempat tersebut nama jalan Kartini juga bisa ditemukan di Harleem dan Utrech, lho. Nama R A Kartini dipakai untuk menghormati perjuangan beliau karena telah membela hak-hak perempuan. 

SJAHRIRSTRAAT – LEIDEN, BELANDA

Mantan Perdana Menteri Indonesia ini juga terkenal dekat dengan kalangan aktivis politik di Leiden. Hal ini beawal ketika ia belajar di Belanda.  Sutan Sjahrir pernah belajar di Fakultas Hukum Universitas Amsterdam lalu pindah ke Leiden School Of Indology. Dari sini ia memperluas pergaulannya jadi akhirnya nama beliau diabadikan menjadi nama sebuah jalan di kota Leiden.

IRAWAN SOEJONOSTRAAT – AMSTERDAM, BELANDA

Weh, siapa nih?? Hmm.. Nama ini masih asing di telinga orang Indonesia. (termasuk saya). Padahal terdengar khas Indonesia, Irawan Soejonostraat. Tentu beliau bukanlah pahlawan nasional ataupun pemimpin Indonesia. Ternyata beliau merupakan anak dari Raden Ario Adipati Soejono, salah satu menteri pertama Indonesia. Bagi orang Belanda, Irawan tak lain adalah pemuda Indonesia yang gagah berani. Irawan terbunuh pasukan SS Nazi Jerman yang ketika itu sedang menguasai Belanda. Sekarang namanya diabadikan sebagai nama jalan di kota Amsterdam.

AHMED SOKARNO ST – MESIR

nama jalan pahlawan luar negeri
Pemberian nama jalan Ahmed Sokarno di Mesir menunjukkan suatu hubungan harmonis RI dengan Mesir. Nama Ahmed diberikan karena bung Karno dikenal dengan nama Ahmad Soekarno di Mesir. Nama tersebut diberikan oleh Gammal Abdul Nasser sebagai pemimpin waktu itu. Dipilihnya nama Soekarno untuk nama jalan karena pada tahun 1955 Sukarno berjasa sebagai pencetus Konferensi Asia Afrika (KAA).

MUNIRSTRAAT – DEN HAAG, BELANDA

Jalan Munir Di Belanda

Tokoh pejuang HAM, Munir, yang mati terbunuh di dalam pesawat saat akan menuju negeri kincir tersebut juga dijadikan nama jalan di Den Haag, Belanda. Ternyata tak hanya nama pahlawan Nasional saja yang dijadikan nama jalan di negeri kincir angin ini. Dalam jasad Munir ketika itu terdapat racun arsenik yang membunuh Munir yang tak lain adalah pembongkar kasus penculikan aktivis tahun 1997-1998. Pemberian nama Munir sebagai nama jalan ini didasarkan atas semangat dan jasanya memperjuangkan Hak Asasi Manusia di Indonesia.

Demikianlah informasi yang bisa saya bagikan di postingan kali ini.
Mungkin masih ada lagi ya, tokoh-tokoh lain yang namanya diabadikan sebagai nama jalan di luar negeri? Let's sharing! 

thanks for reading!

References :

0 komentar:

Posting Komentar

 
;