Kerajaan Kutai, Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia | Udah, baca aja
Sabtu, 28 Februari 2015

Kerajaan Kutai, Kerajaan Hindu Tertua di Indonesia


Hai kawan! Lagi ngebahas tentang kerajaan Hindu-Buddha nih di kelas. Btw, tau kan kerajaan hindu tertua di Indonesia? Yup, Kerajaan Kutai!! tau dari mana? Iya dong, berdasarkan bukti yaitu ditemukannya 7 buah batu tulis yang disebut Yupa, ditulis dengan huruf Pallawa dan berbahasa Sansekerta, diperkirakan berasal dari tahun 400 M atau sekitar abad ke 5. dari prasasti tersebut dapat diketahui adanya sebuah kerajaan dibawah pimpinan sang Raja Mulawarman, putra Aswawarman, dan cucu dari Maharaja Kudungga. Kerajaan ini bernama kerajaan Kutai Martadipura, dan berlokasi di seberang kota Muara Kaman.

Sebenarnya, tidak banyak informasi mengenai kerajaan ini. Ya, hanya tujuh batu tulis itu sajalah sumbernya! Malahan penamaan Kerajaan Kutai sendiri ditentukan oleh para ahli sejarah dengan mengambil nama dari tempat ditemukannya prasasti Yupa tersebut. Menurut para ahli sejarah nama Kudungga merupakan nama asli pribumi yang belum tepengaruh oleh kebudayaan Hindu. Namun anaknya, Aswawarman diduga telah memeluk agama Hindu atas dasar kata 'warman' pada namanya yang merupakan kata yang berasal dari bahasa Sanskerta.

 
Yupa

Masih menurut prasasti Yupa, puncak kejayaan Kerajan Kutai berada pada masa pemerintahan Raja Mulawarman. Pada masa pemerintahan Mulawarman, kekuasaan Kerajaan Kutai hampir meliputi seluruh wilayah Kalimantan Timur. Rakyat Kerajaan Kutai pun hidup sejahtera dan makmur.

Mengulas sedikir tentang kehidupan soisal masyarakatnya, pada waktu itu sudah ada kaum brahmana, dilihat dari adanya golongan yang sudah menguasai bahasa Sansekerta. Golongan lainnya yaitu kaum Kesatria yang teridiri atas kerabat Raja Mulawarman. Diluar kedua golongan tersebut, mereka adalah orang Kutai Kuno pada umumnya, yang masih memegang teguh agama asli leluhur.

Pada awal abad ke-13, berdirilah sebuah kerajaan baru di Tepian Batu atau Kutai Lama yang bernama Kerajaan Kutai Kartanegara dengan rajanya yang pertama, Aji Batara Agung Dewa Sakti (1300-1325). Tentu saja adanya dua kerajaan ini menimbulkan gesekan, hingga pada abad ke-16, meletuslah peperangan diantara keduanya. Kerajaan Kutai Kartanegara dibawah pimpinan Aji Pangeran Sinum Panji berhasil mengalahkan Kerajaan Kutai, dan Raja Kutai, Maharaja Dharma Setia, tewas. Setelah penaklukan ini, Aji Pangeran Sinum Panji pun menamai kerajaannya menjadi Kerajaan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Di abad ke-17, kerajaan ini mulai menerima Islam dan berubah menjadi kesultanan Kutai Kartanegara.

Yup, segitu aja yang bisa saya share mengenai Kerajaan Kutai. Kenapa saya ngebahas kerajaan ini dan bukan yang lain? Menurut saya, karena kerajaan ini adalah kerajaan Hindu tertua, sudah sepantasnya kita menghargai dan mengetahui sejarahnya. Dengan berdirinya kerajaan inilah kerajaan-kerajaan lainnya muncul dan berkembang di Nusantara.

References :

2 komentar:

Teguh mengatakan...

Kerajaan Kutai katanya agama Hindu tapi kenapa kok mereka menlakukan korban penyembelihan sapi?

Unknown mengatakan...

Yang saya tau,upacara itu dilakukan untuk memuja dewa Siwa di sebuah lapangan yang bernama Waprakeswara

Posting Komentar

 
;