Keuntungan dan Kerugian Kolonialisme dan Imperialisme bagi Bangsa Indonesia (MENURUT SAYA!!) | Udah, baca aja
Minggu, 26 April 2015

Keuntungan dan Kerugian Kolonialisme dan Imperialisme bagi Bangsa Indonesia (MENURUT SAYA!!)

Kolonialisme dan Imperialisme, sebenarnya, gak cuma ninggalin kerugian doang loh, buat negara yang dijajah. Menurut saya, ada beberapa keuntungan juga dari negara yang dijajah, seperti :
  1. Infrastruktur negara yang dijajah dikembangkan oleh negara penjajah. Misalnya, di Indonesia, Jalan Anyer-Panarukan dibangun oleh Daendels. Sampai sekarang, jalan ini masih bisa dipergunakan dengan baik. Apalagi pada waktu itu teknologi pembangunan Indonesia masih sangat jauh dengan Belanda, sehingga bisa kita lihat saat ini bangunan bangunan kuno peninggalan Belanda masih banyak yang berdiri kokoh hingga kini karena dibangun dengan teknologi yang sudah maju.
  2. Negara penjajah yang melakukan ekpsploitasi terhadap sumber daya alam dan sumber daya manusia, maka bisa jadi negara terjajah yang sebelumnya belum menyentuh SDA yang terdapat di negaranya sendiri menjadi tahu dan untuk selanjutnya mengembangkan SDA tersebut.
  3. Negara penjajah banyak meninggalkan peninggalan budaya yang positif seperti musik, pakaian, dan arsitektur.
  4. Negara terjajah yang sebelumnya tidak mengenal pendidikan, dengan adanya imperialisme, bisa mengecap pendidikan. Begitu juga dengan kolonialisme, bisa jadi yang bisa mengenyam pendidikan hanya kaum bangsawan saja, tapi setidaknya ada, kan?
  5. Penjajahan membuat semua rakyat di negara terjajah memiliki rasa nasionalisme tinggi, mereka bersatu dan merasa punya tanggung jawab untuk memerdekakan negaranya. 
Kerugian :
  1. Apabila negara penjajah melakukan kolonialisme, berarti secara otomatis sumber daya alam dan sumber daya manusia di negara yang dijajah akan dieksploitasi secara besar-besaran. Tenaga kerja, alih-alih digaji, malah disiksa. Sumber daya alam yang melimpah ruah diangkut ke negara penjajah dan digunakan untuk kepentingan mereka.
  2. Rakyat jajahan tidak memiliki kebebasan hidup yang layak, banyak diantara mereka yang mati karena kelaparan atau disiksa.
  3. Negara terjajah kehilangan kedaulatannya di bidang politik, ekonomi, budaya, dsb.
  4. Masuknya pengaruh gaya hidup yang tidak baik ke negara terjajah.
Yup, segitu aja deh uraian saya, semoga bermanfaat!

dari berbagai sumber, dengan tambahan dan perubahan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

sumbernya drmn aja??

Posting Komentar

 
;