Keutamaan Shaum Ramadhan | Udah, baca aja
Kamis, 02 Agustus 2012

Keutamaan Shaum Ramadhan

Bismillahirrahmanirrahiim...
Marhaban ya Ramadhan! 
Alhamdulillah, tak terasa , sekarang sudah hari ke 13 kita (umat Muslim) melaksanakan shaum Ramadhan.
Lapar dan haus sudah tak dirasa, tarawih setiap malam sudah jadi kebiasaan, bangun sahur jadi kewajiban...
Keutamaan Shaum Ramadhan dijelaskan dalam hadits :
Dari Abu Hurairah, dia berkata : Rasulullah SAW bersabda : "Umatku diberikan lima hal yang tidak diberikan kepada umat sebelum mereka. (yaitu) (1) Bau mulut orang yang shaum lebih harum di sisi Allah daripada minyak misik (2) Malaikat memintakan ampun bagi mereka hingga berbuka (3) Allah menghiasi jannah-Nya setiap hari, kemudian berfirman "Sebentar lagi hamba-hamba-Ku yang saleh akan lepas dari beban dan gangguan, dan akan mendatangimu." (4) Syetan-syetan akan dibelenggu, sehingga tidak bisa bebas sebagaimana bebasnya pada hari-hari lain, (5) Mereka diampuni pada akhir malam. Ditanyakan "Wahai Rasulullah! Apakah yang dimaksud adalah Lailatul Qadar?" Beliau menjawab : "Bukan, melainkan orang yang beramal ditunaikan pahalanya, apabila telah selesai melakukannya."
Dalam hadits lain dijelaskan, Shaum merupakan amal yang Allah khususkan untuk diri-Nya.
Dari Abu Hurairah, dari Nabi SAW beliau bersabda : "Allah 'Azza wa Jalla berfirman : "Shaum itu untuk-Ku. Dan aku yang membalas dengannya."
Keutamaan lainnya adalah pahala-pahala dilipatgandakan, seperti dalam hadits :
Dari Abu Hurairah dia berkata : Rasulullah SAW bersabda : "Sesungguhnya Tuhan kalian berfirman : "Sesungguhnya setiap kebaikan (akan dibalas) sepuluh kebaikan yang sepertinya. Sampai 700 kali lipat dan shaum itu Aku akan membalas dengannya."
Selain itu, orang yang shaum akan mendapatkan dua kegembiraan, yakni gembira saat berbuka dan gembira saat bertemu Tuhannya. Tahukah Anda bahwa shaum adalah perisai dari api neraka?
Dari Sa'id bin Abi Hindi dari Muutharrif dia berkata : "Saya masuk (ke rumah) Utsman bin al-'Ash. Maka dia (menawariku) minum susu, maka aku menjawab : Sesungguhnya aku sedang shaum. Maka dia berkata : "Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW bersabda : "Shaum itu perisai (pelindung) dari api neraka, sebagaimana perisai salah satu dari kalian (melindungi) dalam bertempur."
Orang yang shaum secara khusus akan memasuki pintu surga Arrayyan. Keterangan hadits :
"Dari Sahl, dari Nabi SAW beliau bersabda : "Sesungguhnya di surga itu ada pintu yang disebut Arrayyan, pada hari kiamat yang (akan) masuk dari pintu itu adalah orang-orang yang shaum, tidak akan masuk satu orang pun selain dari mereka. Dikatakan : "Mana orang-orang yang shaum?" Maka mereka berdiri, tidak ada yang masuk seorangpun selain dari mereka, dan apabila (mereka) telah masuk, maka ditutup (pintu itu) maka tidak ada yang bisa masuk lagi satuorangpun."
---
Referensi :
Buku Panduan Ibadah Bulan Ramadhan, Usep Ruhiyat, S.Pd.I 

0 komentar:

Posting Komentar

 
;