Sekeping Uang Gopek Untuk Mang Bapau | Udah, baca aja
Sabtu, 08 Juni 2013

Sekeping Uang Gopek Untuk Mang Bapau

Bismillahirrahmanirrahiim... *HOAAAMMMM* Aduh, ngantuk banget gue malem ini. Faktor UKK kali ya.. Tapi di otak gue udah ada kisah menarik yang langka didapatkan. Dan gue udah mikirin banget kepengen ngeposting ini di blog, tapi apa daya, Ujian Kenaikan Kelas lebih dulu datang menghampiri. So, ga ada waktu buat update blog. Tapi untungnya, kejadian itu masih gue inget. 

Jadi gini, sekitar dua minggu yang lalu (udah lama juga ternyata), gue, kedua adik gue, dan tentu saja ayah gue (sebagai ketua geng), pergi main basket. Yaa.. Rencananya sih emang main basket, tapi pas tiba di lapangannya ada bola sepak nganggur, ya udah akhirnya sepakbola deh... Sepakbolanya dua lawan satu. Kedua adik gue ngelawan gue yang sangat heboh mengamankan gawang sekaligus jadi striker sekaligus jadi bek segaligus jadi gelandang dan sekaligus jadi suporter buat diri sendiri. Gak ada bola out atau offside di pertandingan ini. Handball juga boleh, soalnya adik gue yang paling kecil lebih suka megang-lempar bola ketimbang nendangnya. Pertandingan berjalan rame buat kedua adik gue. Mereka menang 7-5 atas gue (yang untungnya masih bisa cetak gol, maklumlah bakat lahir). Mereka melakukan selebrasi yang berlebihan, yah, gue maklumi lah, mereka kan baru kali ini menang lawan gue. Karena capek banget udah lari-lari kesana kemari ngejar bola (padahal lapangannya itu setengahnya lapangan sepakbola asli), kita rame-rame beli teh botol. Aaaahhhh... Segarnyaaa... 
Setelah itu kita berencana main pingpong. Mejanya udah disiapin di sana, entah sama siapa. Tapi tiba tiba.. Lewatlah pedagang bapau dengan suara khasnya, "Bapau, bapau.. Bapau panas.. Bapau, bapau...". Waaahhh.. Refleks deh lari ke pedagang bapau itu. Perut ini emang udah agak keroncongan. 
"Mang.. Sini mang.." panggil gue semangat. Tentu saja, kita harus memperjuangkan hak asasi kita untuk mendapatkan makanan yang layak. Adik-adik gue nguntit sambil senyum-senyum-seneng-tanda pengen.
"Meser tilu nya mang, anu rasa coklat." ("Beli tiga ya bang, yang rasa coklat")
Si mang pun memasukkan bapau yang ukurannya gede-gede itu kedalam kantong kertas. 
"Hijina sabarahaan, Mang?" ("Satu bijinya berapaan, bang?")
"Biasa, 3500-an." 
Gue merogoh kantong dan.. cuma ada 9.000 perak. 
"Sakedap nya mang, nyandak heula artosna." ("Bentar ya bang, ambil dulu uangnya.")
Si mang mengangguk. Gue nyuruh adik gue yang kecil, Maghfira, untuk minta duit ke ayah. Adik gue kembali secepat kilat dengan membawa uang biru 50.000, dan langsung gue kasih ke si mang. 
"Waduh neng.. Sakitu mah teu aya angsulan atuh.." ("Waduh, kalo segitu nggak ada kembaliannya.")
Akhirnya gue kembali nyuruh adik buat minta uang 2.000. Ini dari tadi mau bayar aja susah banget sih.. Adik gue kembali dengan bawa uang 2.000, ditambah uang 9.000 punya gue tadi. 
"Ini mang," gue menyerahkan uang 11.000. Mestinya dapet kembalian 500, tapi gue bilang, "Wios weh mang, candak weh angsulanna mah," ("Biarin bang, bawa aja kembaliannya.")
"Eh, neng, ieu lima ratus.." (ini lima ratus) kata si mang sambil agak ngejar gue yang udah balik lagi ke lapang. "Atos mang wios, candak weh.." ("Udah bang biarin, bawa aja."). Si mang tersenyum dan bilang, "Nuhun neng, nuhun pisan." ("Makasih, makasih banget"). 
Gue pun kembali ke lapangan, buru-buru nyari tempat duduk, gak tahan pengen makan ni bapau. Terus adik gue yang satu lagi, Hasna, ngejar gue dan bilang :
"Teh, tau ga, tadi si mang bapaunya sujud loh,"
"Hah maksudnya? Sujud ke tanah gitu?"
"Iya gitu. Sujud beneran.. Padahal cuma dikasih gopek ya, Teh?" kata dia sambil lari ngeduluin gue.
Gue diem sebentar dan ngeliat ke belakang. Tapi si mang bapau itu udah pergi. Gue takjub. Baru kali ini ada orang dapet gopek terus sujud syukur. Sebegitu berharganyakah uang lima ratus rupiah bagi si mang bapau itu?? Gue masih bertanya-tanya sampai gue mendapat suatu kesimpulan. Sekecil apapun bantuan yang kita kasih ke orang lain, itu bisa jadi sangat berarti buat mereka yang membutuhkan. Jangan pernah sepelekan uang kecil, sisihkan receh-receh yang kita punya. Setelah ngumpul, bisa buat sedekah, kan... 
Saya nulis ini bukan mau riya', tapi semoga kisah ini bisa menginspirasi kita semua buat lebih semangat buat sedekah ! :-) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
;