Lulus SMP, Perpisahan, dan Sekolah Lanjutan | Udah, baca aja
Senin, 23 Juni 2014

Lulus SMP, Perpisahan, dan Sekolah Lanjutan

Wedaaaaannn.. Udah berapa abad ga ngapdet blog.. Semoga Tuhan tidak mengutuk ane jadi kodok ganteng. Oke, dari post terakhir bulan Februari, ane masih uring-uringan soal ujian yang seabrek. Sekarang ane udah bebas guyz. Hasil-hasil ujian juga udah diumumin.. Hasilnya? Ya gitu deh. Alhamdulillah, ga ada yang dibawah standar. Tidak lama setelah pengumuman hasil ujian madrasah dan ujian pesantren, sekolah ane ngadain perpisahan. Lebih awal dari sekolah lain.. Kalau gak salah tanggal 18 Mei 2014. Hasil UN aja belum keluar, lah ini udah perpisahan duluan.. #rapopo. Perpisahan digelar biasa biasa aja dan jauh dari kesan semarak. Semua siswa pake pakaian seragam lengkap plus jas almamater kebanggaan. Perpisahan dibuka dengan sederet sambutan dari beberapa Very Important Person. Sayangnya ane duduk di barisan paling depan, sehingga mau gak mau harus ngangguk-ngangguk sambil ngedengerin pidato. Lama lama cape juga beuuuhhh.. Akhirnya, ane sama temen  sebelah mainin kamera.. Awalnya modus foto foto buat dokumentasi gitu, kemudian, iseng iseng ngambil foto makro, dan efek efek lainnya. 
Kemudian, ada sambutan paling penting dari Mudir 'Am pesantren. Mudir 'Am itu semacam apa ya.. mungkin ketua yayasan? Atau semacam itulah. Menurut ane sambutan inilah yang paling ngena. Katanya, sekolah ke pesantren itu bukan buat coba-coba, main-main, atau buat "mengkarantina" anak-anak nakal. Pesantren itu tempat belajar.. Bukan bengkel anak anak bengal. Jadi, dengan sekolah ke pesantren, bukan berarti anak anak bengal itu bisa langsung berubah jadi soleh. Kalau orangtuanya gak mendidik, ya, gimana anaknya mau jadi baik? Inti pidatonya begini, kalau anak Anda tidak atau belum jadi baik setelah masuk pesantren, jangan salahkan guru dan pesantrennya, karena yang paling berperan mendidik tentu Anda sendiri! Begitulah kira-kira. Dan terbukti dengan kalimat ini beberapa orangtua senyum senyum sendiri dan merasa kesindir, hehehe.
Setelah itu, lanjut ke acara berikutnya, seperti deklarasi ikrar alumni yang dipimpin ketua angkatan, hiburan, dan sebagainya. Sekitar pukul 12 siang, selesailah seluruh rangkaian acara. Gak ada acara termehek mehek di perpisahan ini, karena semua juga tau, nanti bakal ketemu lagi pas pengumuman kelulusan UN. HEHE -_-
Setelah ini, semua murid fokus pada sekolah lanjutan setelah Tsanawiyah. Kebanyakan dari alumni melanjutkan ke Aliyah di pesantren yang sama. Banyak juga yang memilih ke SMA dan SMK negeri ataupun swasta. Sebagian lagi ke pesantren di luar kota. Ane sendiri mempunyai opsi yang kedua dan ketiga. Kalau nilai UN gede, mau ke SMAN 1 Garut, salah satu sekolah unggulan di sini. Tapi ane daftar ke MAN Insan Cendekia Serpong. Kalau keterima, ya disana. Tapi kadang ane suka pesimis bahwa keterima di sana adalah suatu Mission Impossible. Secara guyz, pendaftar ke sana itu sekitar 3000 orang lebih dari seluruh Indonesia, dan yang keterima cuma 360. Itu pun disebar ke 3 kampus IC, di Serpong, Gorontalo, dan Jambi, masing-masing kampus 120.
Oke sekarang ane ceritain pengalaman tes masuk MAN IC ya.
Tes masuk sudah dilaksanakan tanggal 17 Mei 2014, sehari sebelum perpisahan. Lokasi tes ane di Bandung. Ada sekitar 300 orang kurang yang tes di Bandung. Tes dimulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 5 sore. Gak ada kata ngaret disini, semuanya serba tepat waktu! Tes jam pertama adalag TPB alias tes potensi belajar. Mungkin kalian lebih familiar dengan istilah "tes potensi akademik". Itu sama aja ya know, cuma beda istilah. Waktu pelaksanaan tes ini sekitar 2 atau 3 jam (ane lupa tepatnya), dan soal yang ada sekitar 120 soal. Ane sarankan buat kalian yang mau melalui tes semacam ini untuk banyak berlatih dulu sebelumnya. Ane aja udah ngerjain 2 buku latihan TPA dan soalnya masih ga jauh jauh beda sama soal yang keluar. Jadi, maksud ane, latihan itu penting biar kita menguasai tipe soalnya.. Kalau gak latihan sama sekali, wah, gaswat! Bisa bisa bengong maksimal sampe waktu abis. Hehe. O iya dan yang ane denger, tes TPB ini adalah yang terpenting dalam tes ke MAN IC. Jadi jangan pernah remehkan yang satu ini..
Kemudian, setelah istirahat sebentar, dilanjutkan dengan tes akademik mata pelajaran matematika, fisika, biologi, bahasa Inggris, PAI, dan bahasa Arab sampai jam 5 sore. Mantap lah, pokoknya. Soal matematikanya itu jauh lebih sulit dari standar UN, mungkin level olimpiade, entahlah. Yang jelas dari 30 soal, cuma setengahnya yang ane isi dengan menghitung dan bukan asal buletin LJK. Setengahnya lagi mengandalkan intuisi mungkin.. Jadi jangan ditiru, ya! Soal fisika dan biologinya tidak sesulit itu, tapi materinya lebih dalam daripada UN. Terutama di biologinya, ane gak kenal tuh sama beberapa istilah ilmiah yang digunakan.. Huhuhu. Apalagi, persiapan ane buat tes akademik itu cuma mengandalkan sisa-sisa UN saja, karena lebih fokus di latihan TPB. 
Selesai tes yang memusingkan itu, ane dan teman-teman lain pasrah saja. Tinggal berdoa sama Tuhan Yang Maha Kuasa, dah.. Optimis aja. Tapi sebenarnya dalam hati udah pesimis sih. Hasilnya baru diumumkan tanggal 11 Juni 2014 melalui akun kita di website IC. Jadi, harus bersabar dulu nih. 
Selama masa menunggu itu, ane berusaha menghidupkan optimisme dalam jiwa ini (alay--). Tapi serius, ane tau persaingan buat diterima di MAN IC itu berat, apalagi saingan ane itu bukan orang ecek ecek, tapi mereka mereka yang tokcer! Haduh... Tapi ane tetap berdoa dan berharap.. Berdoanya sih semoga dikasih yang terbaik aja. Kalau IC yang terbaik, mungkin ane bisa keterima di sana. Kalau bukan IC yang terbaik buat ane ya rapopo, dimana aja lah.. Selain itu ane juga minta doa temen-temen. Masa masa itu kan kebetulan orang lain juga lagi care banget sama urusan sekolah lanjutan. Semua masih worry karena nilai UN kan keluar baru tanggal 14 Juni, sedangkan kebanyakan SMA pake nilai UN buat syarat masuknya. Kebetulan ane ini tiap hari chattingan di BBM sama banyak temen yang berbeda kelas juga, jadi makin banyak temen, makin banyak dimintain doa.. Hehe.
Ane sadar banget sesadar-sadarnya kalau berjuang sendiri itu hampir gak bisa. Ane udah berusaha sampai batas maksimal pas tes kemaren, dan sekarang tinggal apalagi selain berdoa dan pasrah. Jadi ya menurut pemikiran ane, semakin banyak orang yang ngedoain, semakin besar juga peluang dikabulinnya. Terutama doa orangtua, tentu saja! Dan hasilnya gimana?

Alhamdulillah, meskipun ini awalnya adalah Mission Impossible buat ane, akhirnya jadi possible! Ane diterima di MAN IC Serpong. Sempat gak percaya, sampe sampe buka websitenya dua kali. Makasih banyak dah buat temen temen yang udah ngedoain! Jadwal daftar ulangnya tanggal 11-21 Juni. Dan tanggal 15 Juni ane udah daftar ulang ke sana. Tentunya harus melengkapi banyak berkas dulu, seperti tes kesehatan, tes narkoba, dan lain lain lah. Awal masuk asrama tanggal 29 Juni 2014, dan itu kan hari pertama bulan Ramadhan. Yeahaha, ini bakalan jadi pengalaman baru buat ane. Doain ane semoga kedepannya lancar dan sukses ya.

Oke ini post tanpa sadar udah kepanjangan. Jadi, terakhir dari ane! Buat kalian yang kebetulan baca ini dan tahun depan mau tes ke IC mungkin, atau kemanapun, ingatlah bahwa kita nggak bisa berusaha sendiri tanpa bantuan dorongan dan doa orang lain, terutama orangtua dan teman. Jangan ragu buat minta bantuan teman saat belajar. So, goodluck for y'all! 



1 komentar:

Unknown mengatakan...

aku juga pesimis ka nungguin hasilnya tp gmana pun harus tetep optimis insyaallah kalo ada jalan :)

Posting Komentar

 
;