Curhatan IC // kesan pertama dan pengalaman 12 hari pertama di IC | Udah, baca aja
Jumat, 25 Juli 2014

Curhatan IC // kesan pertama dan pengalaman 12 hari pertama di IC

Hola! Sebulan yak ane gak ngapdet blog. Bodo amat dah siapa juga yang mau baca blog ini, huha. Oya ini udah H-3 Lebaran 2014! Sejauh ini bulan Ramadan berjalan baik baik saja buat ane. Meski harus menjalani shaum 12 hari pertama di asrama, yaa noproblemo. Btw ini sebenernya bingung mau nulis apa. Piala dunia udah gak musim. Ramadan udah mau abis. Gimana ya? Ane cerita pengalaman pas di IC aja kali, ya? Curcol gitu? Oke, taruhan gaada yang baca, nih.
Oke jadi pas hari pertama ane menjejakkan kaki di IC itu... "Buset, ini bener sekolah gue?" rasanya unbelievable aja, melalui serangkaian tes yang susahnya minta ampun lalu bisa lolos dan yeah, sampe sekarang masih yakin itu pertolongan Tuhan. Jadi hari pertama itu cuma penyambutan siswa baru, dan proses move on ane dari rumah ke asrama. 
Semuanya berlangsung cepat. Ane dapet kamar di 101 Z bersama 3 orang lainnya. Lalu kita beresin kamar bareng bareng. Sorenya, waktu bagi orangtua murid buat pulang. Ane menemui ibu en bapak di masjid, lalu cium tangan doang, dan mereka pulang. Sesingkat itu. Temen lain ada yang nyampe mewek mewekan gak mau ortunya pulang. Ane? Yasudahlah, ini kan takdir namanya. Iya sih ane agak gimana gitu juga. Gimana gitu apaan?/ Yah, kalo kalian anak sekolah boarding, baru kalian akan ngerti perasaan ini:(
Lalu ane balik ke asrama, ngobrol sama temen temen, dan gitu gitu deh (lupa dulu ngapain aja --"). Setelah itu habis maghrib, kita berbuka, dan itu adalah hari pertama shaum tanggal 29 Juni.
Nah, jadwal kegiatan minggu ini, besok itu tes minat dan bakat, buat nanti penjurusan, karena di kurikulum 2013 penjurusan dilakukan di kelas 10. 3 hari berikutnya tes diagnostik. Minggu berikutnya matrikulasi, dan demikianlah ~
Masalah penjurusan ini, sampe sekarang libur aja masih bikin ane bingung setengah mamfus. Yaiyalah gimana engga, ane baru lulus, belum dapet gambaran kira kira di SMA ane bakal mampunya di ipa apa di ips? Bakal enjoynya dimana?? hah'-'
Akhirnya ane memasrahkan aja sama hasil tes minat bakat, dan lain sebagainya. Mau MIA (ipa) boleh, mau IIS (ips) juga oke. Kalo saran orang orang sih "ya elu ntar mau kuliah ke jurusan apa, dari ipa apa ips?" begitu kira kira, dan ane sebenernya punya 6 opsi untuk itu. Kalo ane masuk ipa, jurusan ini, ini, dan ini yang jadi pilihan. Kalo ke ips, yang itu-itu-dan itu. Gitudehehe.
Jadi, intinya buat semua itu pasrah aja sama takdir. 
EH INI ANE KOK MALAH NGELANTUR? OKE FORGET IT.
Nah, hari berikutnya adalah tes diagnostik. Mata pelajaran yang diujikan diantaranya matematika, fisika, kimia, biologi, bhs inggris, sama bhs arab. Diantara semua itu, yang gue pede ngerjainnya dan yakin jumlah benerna lebih dari 70% adalah bhs inggris dan arab. Dan yang mafikibi, ane berharap aja pada pertolongan Tuhan. Yang agak entengan cuma kimia, guyz. Sakitnya tuh.. disini <3
Dan parahnya, ketika ane wawancara temen temen lain, beberapa ada yg kesusahan juga sih, tapi ada juga yang keliatannya yakin dengan hasil tes itu. 
Kita langsung loncat ke hari Ahad. Hari ini pagi pagi kita disuruh kerja bakti. Akhirnya, anak kamar bagi tugas. 2 orang, Nisa dan Adra bertugas bersihin kamar. Ane sama Irma, diekspor ke luar buat bersihin halaman atau urusin sampah. Lalu, kami sibuk. Temen lain ada yang sibuk sapuin koridor, bolak balik angkut sampah per kamar ke luar, de es be. Sementara itu, ane, Irma, Nadhira, dan Mai, lagi bingung setengah mampus menghadapi green garbage yang menjadi pusat pembuangan sampah sementara. Maksudnya gini. Jadi, setiap kamar itu sampahnya dikumpulin dalam sebuah kantong plastik gede. Setelah penuh, dibuang ke green garbage yang terletak di depan gedung asrama. Nanti mbak mbak CS bakal angkut sampah di green garbage itu ke tempat pembuangan akhir di bagian lain di IC. Nah, hari Ahad ini, CSnya ga ada. Dan kemaren itu hujan gede. Jadi, beberapa sampah di green garbage yang meluap ke luar kena air hujan dan jadinya basah + bau busuk gitu, ah, ya know, ane pengen muntah, seriusan-_- And, the another problem is.. green garbagenya susah banget diangkat, lalu, ketika kita miringkan posisinya buat didorong, byuuurrrr.. air mengalir deras tapi pelan dari celah tutupnya. dan kita kaget! Lalu ketika tutupnya kita buka, ternyata pemirsa, air menggenangi seluruh sampah di dalamnya. Bayangkan sampah berbau busuk karena tercampur air berenang renang dalam tempat sampah.. Hueeeeekkk -_-//
Akhirnya, kita menyerah. "Semoga besok mbak atau mas CS nya nggak pingsan liat kondisi tempat sampah ini" harap kami. 
Sore harinya, langit mendung. Dan saat itu jadwalnya olahraga! Dengan semangat (karena udah kangen berat) ane dan beberapa temen lari lari ke lapangan basket. Ya Allah, akhirnya ane basket lagi! Hasseek! Setelah itu, siswi yang ingin voli memisahkan diri ke lapangan lain. Ane dan 9 orang lainnya main basket. Hasilnya, saat itu, kita main dua kali dan tim ane sempet menang dan sempet kalah juga. Jadi seri.. Seru deh, main basket lagi setelah seminggu lebih gak main. Ane emang paling ga tahan kalo lima hari aja gak olahraga. Lah ini? Karena ngikut jadwal kegiatan sekolah, ya ga bisa olahraga sering sering, deh._. 
Nah, esok harinya, kami, 120 siswa-siswi baru dibagi kedalam 6 kelas matrikulasi. Ane masuk kelas M-4. Kebetulan temen sekamar ane yang namanya Nisa sekelas juga. 
Di kelas yg isinya 10 cewe dan 10 cowo itu, kita akan belajar sampe hari Jum'at tanggal 11 Juli, lalu pulang deh buat liburan! Huehue. Oh ya, suasana kelasnya masih belum rame. Mungkin karena baru kenal. Yang asiknya tuh ya ngobrol ama anak anak cewenya aja, yang cowo,buset dah mereka semua masang tampang serius (dan emang tampang mereka hampir serius semua), nggak kaya cowo di sekolah ane dulu yang badung-badung gitu tampangnya. Selain itu cowo cowo di kelas matriks ane emang tokcer semua otaknya! Kampret, ane makin minder aja di sini, huhu :(
Untungnya, yang duduk di depan meja ane itu cowo yang selalu mencatat dengan rapi plus jago matematika. Yaudah, ane manfaatin lah! Setelah guru mateka keluar, ane minta dia buat ngejelasin soal yang ane belum ngerti. Tapi.. harapan ane pupus begitu mendengar dia ngejelasin panjang lebar dengan intonasi cepat dan logat jawanya yang kental. bener deh, orang jawa itu paling mantap dalam melestarikan bahasa sendiri. Gak pernah ane nemu orang jawa yang kehilangan logatnya, tapi kalo orang sunda (ane sendiri orang sunda), banyak. Dan untungnya temen ane bilang logat Sunda ane itu masih ada, aseeeek!! h3h3.
EH KAN GUE NGLANTUR LAGI-_-
Oke, jadi pas Kamis, sehari sebelum hari kepulangan tanggal 11 itu, sekolah mengadakan buka bersama di gedung serbaguna/GSG, yang akan dihadiri para guru dan staf sekolah. Sore sehabis ashar, beberapa siswi dipanggil guru buat bantu persiapan acara itu. Ada yang ngebungkusin snack buat takjil gitu, ada juga yang disuruh langsung ke GSG buat ngerjain pekerjaan disana. Dan ane termasuk golongan kedua. Ane dan yang lainnya pun langsung ke GSG dan disana kita disuruh menuangkan es buah ke dalam gelas plastik gitu. Dan bekerjalah kami~~ Ane sendiri cuma bantu dikit, masuk masukin batu es ke dalem gelas, lalu yang lain memasukkan es buahnya. Ane gak bisa nakar es buahnya, tar malah kebanyakan #alibi saat itu.
Setelah itu ane cari lowongan pekerjaan lain. Akhirnya ane bantuin beberapa guru buat menata meja. Sekitar jam 5 sore, siswa siswi lain pun mulai berdatangan. Kami semua duduk mendengarkan beberapa sambutan dan tausyiah sambil menunggu maghrib. Dan saat azan maghrib berkumandang... (btw kasian juga yang azan bukanya telat =D) kami pun berbuka dengan takjil yang sudah disediakan. Setelah itu shalat maghrib dulu ke masjid, lalu balik ke GSG buat makan. Sumpah.. Porsinya gede amat. Ini perut kapasitasnya udah sampe batas maksimal. KENYANG BANGET CUY! Mana perut gak punya memori eksternal lagi. Mau dibuang, mubazir. Yaudah, diabisin aja dah akhirnya.
BERSYUKURLAH KAMI KARENA MALAM ITU TIDAK MATI KEKENYANGAN-_-
Akhirnya, hari yang ditunggu tunggu pun tiba. Jum'at 11 Juli! Dari pagi, suasana udah ceria. "yee, pulang" 'asiik, sekarang pulang", dan ekspresi kegembiraan lainnya. Di hari-hari terakhir ini, udah banyak temen yang berkeliling dari kamar ke kamar atau dari kelas ke kelas untuk minta kontak kita. Ane capek juga lama lama nulis nama, nomor hp, dan akun-akun sosmed di berbagai buku. Selesai Jum'atan, kami baru diperbolehkan pulang. Lapangan parkir udah penuuuhh banget sama mobil orangtua yang menjemput. Ane sendiri masih packing di kamar, lalu mampir sebentar ke lapangan buat cari mobil ortu ane. Dan belum dateng. 
Sejam kemudian kami diminta berkumpul di GSG untuk pembagian surat keputusan penjurusan. Deg degan juga sih, ane udah pasrah aja semoga dikasih yang terbaik. Ane ketemu dulu dengan ortu buat kangen kangenan (heheh) lalu caw ke GSG. Setelah basa basi formal, dibagikanlah surat penentuan itu. Ane buka pelan pelan. Ternyata.. Ane dapet MIA cuy. Tercetak jelas disitu "MATEMATIKA DAN ILMU ALAM". Ih horor juga bacanya ._. 
Jujur akhir akhir ini ane malah cenderung pengen ke ips. entahlah, tapi mungkin ini yang terbaik. Beberapa temen bersorak sorak kesenengan karena dapet jurusan yang diinginkan, tapi ada juga yang sampe nangis kecewa karena gak dapet yg diinginkan. Ane sendiri sih gak terlalu maksa untuk masuk salah satu jurusan. Apa aja, pokoknya yang terbaik menurut Tuhan, bukan menurut manusia. Lalu kami pun bubar dari GSG. Setelah foto foto bentar dan sempet selfie juga --" sama beberapa temen, ane masuk mobil dan pulang dengan lancar dan selamat sampe ke Garut. Alhamdulillah =))


itulah pengalaman ane selama 12 hari "dipenjara" di IC. Maksudnya "dipenjara" adalah bahwa selama 12 hari ini kita terhalang dari semua sumber informasi, terasing dari dunia luar, dan gak punya alat hiburan selain mp3. Apalagi koneksi internet, mimpi kali. Tapi ini cuma buat 12 hari permulaan aja, kok. Kedepannya kita diharuskan bawa netbook dan membaca koran di perpustakaan. Seenggaknya, kita gak kudet, kan. 

Sekian aja post ini, yang baca makasih, mau aja kalian mampir ke blog ane. Ckck. Bye!


0 komentar:

Posting Komentar

 
;