today's note : saat jiwa sosial gw diuji! | Udah, baca aja
Selasa, 29 Desember 2015

today's note : saat jiwa sosial gw diuji!

Sore itu..

Kebetulan mobil gue yang lagi melaju kencang, berhenti di lampu merah.


Lalu gue liat ada dua orang anak jalanan yang keliatannya sih.. mau ngamen.
Di deket mereka ada seorang cowo yang bersetelan preman, entah ngomong apa ke tuh bocah berdua.
Bocah yang satu, lagi benerin senar ukulelenya, dan yang satu lagi, dengan bawa semacam kecrekan, mendekati mobil gue, dan mulai bernyanyi.

"Kasih, mi, buruan" kata adek gue yang entah iba, entah kepingin tuh anak buruburu cabut.
"Jangan, mi," cegah gue.
Entah kenapa, gue selalu berpikiran buruk bahwa anak anak jalanan itu gak akan ngegunain duitnya buat hal hal yang bener--gimana ya, gue ngerasa cowok yang 'preman' tadi itulah yang nyuruh bocah bocah ini ngamen, dan (mungkin) ntar duitnya disetorin ke dia, dan dalam bayangan gue, ntar duit duit itu dia pakek buat mabok.. atau semacamnya.

Oke, tuduhan gue diatas didasarkan pada cerita cerita yang pernah gue denger mengenai anak anak jalanan lampu merah di daerah situ. The truth is not guaranteed.

Tapi yang berkesan hari ini bukan itu.

Tadi, saat si bocah lagi ngamen, gue bener bener perhatiin. Iseng ae, sih.
Bukan cuma bocah itu doang, tapi juga temennya yang lagi benerin senar ukulele di trotoar.
Sebelumnya gue liat mereka berdua lagi becandaan gitu, dan disitulah gue melihat sosok seorang anak, yaaa mereka, yang selama ini selalu gue pandang sebelah mata-- saat itu bener bener gue liat utuh sebagai seorang anak.

Iyaaaa, ANAK.
Entah kenapa, gue juga bingung banget kenapa saat itu gue bisa 'nge-perceive' sedalem itu, feel itu dateng gitu aja. SUMPAH INI GUE GAK LAGI HIPERBOLA. hehe, gue gak jago ngungkapin kata kata yang menyentuh sih ah._

Mereka masih anak-anak, pemirsaah, dan gue dengan begitu dramatisnya, ngerasa kasiaaaaaaaaaan banget sama tu bocah berdua.
Sampe setelah lampu merah, gue masih sedikit ngelamun.

Saat gue sering banget merutuki hidup gue, dan merisaukan masa depan gue, mereka bahkan gak punya masa kecil yang layak!!
Saat itu gue mikir keras, ini anak siapa orangtuanya, masih idup apa kagak, apa jangan jangan mereka idup miskin banget, saking sengsaranya si anak mesti ngamen dan putus sekolah... yaAllah rasanya gue disitu ditampar kenceng banget!

Mungkin hari ini jiwa sosial gue lagi diuji.
Gue gak tau apa yang bakalan gue lakuin selanjutnya, selain berdoa--of course.

Oke, cukup sudah gue numpahin pemikiran mentah ini.
Berikutnya gue bakalan cari tau lagi-- siapa tau gue bisa berbuat lebih banyak.



29/12/2015
23:54, trying so hard to sleep





0 komentar:

Posting Komentar

 
;