Where there's a will, there's a way | Udah, baca aja
Selasa, 10 April 2012

Where there's a will, there's a way

Bismillahirrahmanirrahiim..
Disini saya mau nulis bebas ya, sesuai dengan judul di atas. Maaf kalau gak jelas. Dan maaf juga, judulnya pake pepatah Inggris, nulisnya pakai bahasa Indonesia... Maklum, kemampuan bahasa Inggris saya standar. Hehe :D

Dimana ada kemauan, disitu ada jalan. Pepatah ini sangat terkenal dan sangat akrab di telinga saya. Maknanya dalam sekali, kalau ada kemauan, pasti ada jalan, ada kesempatan. Jika kita memiliki suatu keinginan, misalnya ingin kuliah ke Universitas A. Kita tentu tidak boleh hanya 'mau' saja, tapi harus diwujudkan dalam tindakan nyata. Karena jika kita hanya 'mau' saja, maka tidak akan bisa tercapai. "Aku mau ke universitas A, ah." Tapi tidak melakukan apa-apa untuk masuk ke universitas A, maka mustahil akan bisa masuk ke universitas A. Nah, disinilah kita diuji. Apakah kita bisa mewujudkan kemauan kita itu? Keinginan kita itu? Kalau kita berjuang pasti bisa. di tengah perjuangan itulah, niscaya akan terbuka kesempatan bagi kita, jalan bagi kita, untuk mewujudkan keinginan kita.
Saya pernah membuktikan hal ini. Saya ingin menulis buku. Tapi saya merasa belum bisa menulis dengan baik dan benar. Suatu saat di sekolah ada acara tentang kepenulisan. Dua penulis dihadirkan di sana sebagai pembicara, salah satunya alumni sekolah kebanggaan saya, PPI 76, namanya Ust. Yamin, biasa dipanggil 'Udo'. Kami diajari trik-trik menulis, bagaimana menjadi penulis, dan sebagainya.
Ternyata, Udo ini adalah tetangganya Zunaira, temanku yang mengajak aku bergabung dengannya di Rumah Cerdas (RC). RC didirikan oleh Udo. Di RC ada perpustakaan, kami bisa membaca sepuasnya, bukunya banyak dan lengkap. Kami masuk kelas tulis, diajari menulis oleh Udo. Dari sinilah kesempatan terbuka. Jika kita punya naskah buku, maka Udo akan mengeditnya dan akan mengirimkannya ke penerbit jika sudah layak, begitu kata Udo. Saya semakin semangat menulis, tapi sayangnya, karena tidak ada waktu, saya sudah jarang ke RC lagi sekarang.
Nah, ketika kesempatan itu datang jangan pernah coba membuangnya. Jangan pernah sia-siakan setiap kesempatan yang kita dapat. Kadang kesempatan itu hanya datang satu kali. Dan disitulah kita beraksi, memanfaatkan kesempatan yang ada untuk mewujudkan keinginan kita.
:)

0 komentar:

Posting Komentar

 
;